Jumat, April 17

sejarah perkembangan wireless






yoyoi. ketemu lagi di nyari duit gratis...hhehe.. akhirnya bisa posting, kmarin kmrin internetnya indosatm2 tak bisa diharapkan, conect interntnya susah bgt, walaupun udah conect tapi gak bisa apa apa, sama aja gak ada internetnya, eh kok jadi malah curhat ya...hhehehe.. gak papalah curhat colongan...kali ini postinganya berjudul sejarah perkembangan wireless. sebenarnya aku juga gak tahu sejarah perkembanganya, ya karena abis baca buku jadi ya.... tahu..hhehee... padahal aku bukan anak informatika... hhahaha.. aku anak mesin yang biasanya belepotan ama oli, trus bawa palu...hhahaha...... tapi karena suka aja, jadi ya aku baca aja...



   biasanya orang mengetahui wireless itu dengan kata Wi-Fi atau IEEE atau dengan 802.11, yang biasanya tertera pada produk yang mengandung wireless. atau Wi-Fi itu singaktan dari wireless, hayo ngaku aja yang begitu.. hhahaha. tapi aku awalnya juga begitu si...hhehehe.... Wi-Fi dan IEEE itu sangat berbeda, Wi-Fi bukanlah nama jaringan wireless atau semacamnya Wi-Fi itu adalh sebuah nama organisasi non profit yang mendedikasikan kerja kerasnya pada bidang komputer dan technologi, IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) dan Wi-fi mencoba membantu dalam bidang teknologi yang banyak sekali sperti penerbangan, komputer dan lain lain. IEEE dikalim telah mempunyai 370.000 anggota dari 160negara, kira kira indonesia ada yang jadi anggotanya gak ya? hhaha.... pada tahun 1980 bulan ke 2, febuari febuari kalo pada yang gak tahu bulan kedua..hhehe..., IEEE membuat sebuah bagian atau sekelompok orang yang mengurusi LAN (local area network) pasti udah pada tahukan dan MAN (netropolitan area network) kalo yang ini saya sendiri gak tahu, hhehehe... bagian / sekelompok orang ini dinamakan 802, nah jadi 802 itu bukan seri produk atau nomor barang, melainkan nama bagian dari IEEE 80 dari berdrinya 1980 dan 2 dari bulan kedua bulan terbentuknya kelompok kerja ini. .


pernah mendengar ethernet, wireless atau token ring? hah???? gak tahu??? yang penting pernah denger lah.hhehehe.... ini adalah contoh dari hasil kerja kelompok 802. karena semakin banyak dan luasnya bidang yang ditangani oleh 802 maka kelompok kerja ini dibagi menjadi yang lebih spesifik lagi.



  • 802.1 ----> Higher LAN protocols Working Groups
  • 802.3 ---->Ethernet Working Group
  • 802.11 ---->Wireless LAN Working Group
  • 802.15----> Wireless Personal Area Network (WPAN) Working Group
  • 802.16 ----> Broadband Wireless Access Working Group
  • 802.17----->Resilient Packet Ring Working Group
  • 802.18----->Radio Regulator TAG
  • 802.19----->Coexistence TAG
  • 802.20---->Mobile Broadband Wireless Access (MBWA) Working Group
  • 802.21---->Media Independnet Handoff Working Group
  • 802.22----> Wireless Regional Area Networks









nah perhatikan urutan urutan angaknya ada yang hilang kan, nomor2 bagian kerja yang hilang tersebut hilang dikarenakan kelompok kerja tersebut sudah ketinggalan jaman dan bergabung di kelompok kerja yang sudah ada. nah 802.11 lah yang dibahas pada posingan ini. yayilah...kan posingan ini bahasnya masalah wireless.....hhehe..802.11 masih dibagi menjadi banyak bagian 802.11a , 802.11b dan seterusnya..


oke sekarang giliran Wi-Fi yang kita bahas, IEEE membuat standarisasi untuk jaringan wireless, tapi karena dirasa kurang lengkap maka di bentuklah asosiasi oleh Cisco (organisasi yang bergerak di bidang standarisasi dunia) yang dinamakan Wi-Fi (wireless fidelity) . Organisasi Wi-Fi memastikan semua peraltan yang mendapatkan label Wi-Fi bisa bekerjasama dengan baik agar konsumen mudah untuk menggunakan produknya.... anggota Wi-Fi ??? oke saya sebutkan beberapa...Cisco, Microsoft, , Dell, Aplee, AT&T ( modem yang saya pake...hhahaha...) dan masih banak lagi.. jika anda menjumpai produk yang teradapat label Wi-Fi pasti anggota dari Wi-Fi , pasti semua LAPTOP itu juga anggota dari WI-Fi. sebetulnya masih banyak lagi... tapi dilanjutin kapan kapan ya, tangan saya capek ngetiknya... posting + facebook + YM + sms... huehehehe... capek gak tuh.. dan karena saya mau pergi jumaatan dulu...hhehe...

0 komentar:

Posting Komentar