Selasa, Oktober 6

negara negara yang hilang

Sebelum mengintip negara-negara mana saja yang hilang, coba kalian lihat dulu apa sih sebenarnya negara itu ?
Aristoteles, negara adalah perpaduan beberapa keluarga yang mencakup beberapa desa, hingga akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya dengan tujuan kebahagiaan dan kehormatan bersama . Dalam sebuah negara , pemerintahan mengatur politik , militer , ekonomi , sosial maupun budaya negara tersebut . Engga main-main , kan arti sebuah negara itu ? Kenapa sampai bisa hilang , ya ?

tibet
Pernah dengar nama Tenzin Gyatso ? hmmm , mungkin banyak di antara kita yang lebih familiar dengan nama Dalai Lama daripada nama asli sang peraih Nobel Perdamaian tahun 1989 ini ya . Nah , Dalai Lama inilah gelar untuk Raja Tibet yang selain sebagai pemimpin negara sekaligus juga sebagai pemimpin agama . Tapi itu dulu di masa lalu . Dulu sebelum serbuan tentara merah Cina tahun 1950 , Tibet yang berada di Pegunungan Himalaya ini memang merupakan sebuah kerajaan merdeka . Tetapi , pada musin gugur tahun 1951 pasukan Cina berhasil menguasai ibu kota Lhasa dan mendongkel Dalai Lama dari kekuasaanya . kabarnya , sebelum dikuasai oleh Cina , negara yang disebut sebagai 'Roof of The World' ( karena tingginya 4.900 meter di atas permukaan laut!) ini merupakan daerah yang dianggap menyimpan misteri bagi para petualang . Engga semua petualang bisa masuk ke wilayah tertutup , lho .
Bergejolaknya Tibet , memaksa sang Dalai Lama ke-14 keluar dari negaranya . Akhirnya , pada tanggal 17 Maret 1959 , sang Dalai Lama berhasil meloloskan diri dari penangkapan tentara Cina dan mendirikan semacam pemerintahan pelarian (Government in Exile) di Dharamsala , India utara sampai sekarang . Sejak itulah , Tibet yang didirikan sejak abad ke-7 ini berubah dari 'kerajaan merdeka' menjadi sebuah provinsi bagian dari negara Cina .

sikkim
Walaupun sebagian dari kita engga pernah mendengar namanya , tapi Sikkim pernah eksis saat abad ke-17 hingga berakhirnya kekuasaan pada tahun 1975 . Kerajaan merdeka yang masih bertetangga dengan Tibet , Nepal dan Bhutan ini dianggap sebagai wilayah India yang paling sedikit penduduknya .
Wilayah yang luasnya hanya 7.110 km ini dianggap suci dan dikenal dengan sebutan Indrakil atau Taman Dewa Indra , raja para dewa di nirwana dalam dalam kepercayaan agama Hindu . Bahkan , menurut catatan sejarah tertua , Guru Rinpoche (master suci Budha) pernah mengadakan perjalanan melalui Sikkim pada abad ke-8 . Konon , sang Guru memberkati tanah Sikkim , memperkenalkan ajaran Buddha dan meramalkan era kerajaan yang makmur di Sikkim (yang kemudian menjadi kenyataan beberapa abad kemudian).
Tahun 1642 , terbentuklah kerajaan Sikkim yang diperintah oleh Phuntsok Namygal sebagai Chogyal (raja) pertama Sikkim . Berbagai peristiwa mewarnai sejarah Sikkim yang panjang . Dimulai dari serbuan Bhutan ke Sikkim pada tahun 1700 berkat 'bantuan' half-sister sang Chogyal yang sakit hati karena engga diberi bagian kekuasaan . Serangan terhadap Sikkim berlanjut dengan Gurkha War pada tahun 1814 antara tentara Inggris dan Nepal yang saat itu menduduki Sikkim . Sampai pada akhirnya Parelemen India memutuskan Sikkim menjadi negara bagian India ke-22 pada 16 Mei 1975 .

champa
Coba deh ingat-ingat pelajaran sejarah jaman SD dulu . Penah dengar kisah tentang seorang Putri Champa yang menikah dengan Raja Majapahit ? Walaupun terdengar seperti sebuah dongeng , tapi ternyata kerajaan Champa itu benar-benar ada lho . Kerajaan dengan nama asli Cham Pa atau Chiam Tnanh ini dulunya menguasai vietnam bagian selatan dan tengah , pada abad ke-7 sampai tahun 1832 .
Menurut sejarah , ada sebuah kerajaan lain bernama Lin Yi atau Lam Ap yang muncul pada tahun 192 Masehi , jauh sebelum kerajaan Champa sendiri terbentuk . Menurut legenda , Lady Po Nagar merupakan pendiri bangsa Cham . Konon , dia lahir dalam keluarga petani di Pegunungan Dai An , provisi Khanh Hoa . pada awal abad ke-1 , seorang pria dari tanah Jawa bernama Houen Houel yang membawa patung Dewa Vishnu berhasil mendarat di daerah Champa . nah , di sana dia menikahi Lady Po Nagar yang kemudian bersama-sama mendirikan kerajaan Lin Yi , yang kemudian dikenal dengan nama Champa .
Champa mencapai kejayaannya pada abad ke-9 dan ke-10 . Namu , setelah masa itu , muncullah tekanan dari dinasti Dai Viet . Puncaknya pada tahun 1471 , tentara Vietnam berhasil menerobos Vijaya , ibu kota kerajaan . Akhirnya pada tahun 1832 , Kaisar Vietnam Minh Mang mengamblil alih seluruh wilayah Champa .
Sstt , Champa memiliki hubungan yang dekat dengan negara kita , lho . Salah seorang Putri Darawati yang beragama Islam menika dengan Kertawijaya , Raja Majapahit ke-7 pada tahun 1447 . Makam putri ini pun bisa ditemukan di Troeulan , Jawa Timur yang dulunya dikenal sebagai pusat ibu kota kerajaan Majapahit . Selain itu , Champa juga memiliki hubungan dagang yang kuat dengan kerajaan Sriwijaya , Palembang , Sumatera Selatan .

ussr
Sering melihat nama ini saat kita menonton film yang bercerita tentang Perang Dunia II ? Yup , ussr adalah kependekan dari Union of Soviet Socialist Repiblics atau nickname-nya sering disebut Uni Soviet atau Soviet Union . Negara komunis dengan Mikhail Gorbachev sebagai Presiden yang memerintah dari yahun 1985-1991 ini adalah negara terluas di dunia , lho . Total areanya mencapai 22,402,200 km2 . Ckckck , itu artinya lebih dari 10 kali lipat luas Indonesia !
Awalnya , USSR ini merupakan pengganti pemerintahan yang dulunya dipimpin oleh Kekaisaran Rusia . Tsar Nicholas II memerintah sampai bulan MAret 1917 , yang kemudian digulingkan oleh pemerintahan Vladimir Lenin dalam peristiwa yang dikenal dengan sebuta 'Russian Revolution' .
Sejarah panjang menjadikan negara beruang merah ini sebagai negara adi daya kedua setelah Amerika Serikat . Persaingan dua negara dalam bidang ekonomi , perdagangan luar negeri , militer , ilmu sains dan ilmu antariksa bahkan sampai bidang olahraga itulah yang sering kita dengar dengan julukan 'Cold War' atau Perang Dingin . Perseteruan ini berlangsung dari tahun 1945 sampai 1991 .
Jadi ke manakah USSR sekarang ? Negara ini engga ke mana-mana kok , tapi hanya berubah nama menjadi Russian Federation setelah USSR dibubarkan pada bulan Desember 1991 , dan mengangkat Boris Yeltsin sebagai Presiden Rusia Pertama .

hawaii
Mungkin engga banyak yang tahu bahwa negara bagian Amerika Serikat ini dulunya pernah menjadi negara merdeka , lho .
Sejarahnya panjang juga , nih . Negara kepulauan ini dulunya merupakan sebuah kerajaan (The Kingdom of Hawaii) yang pernah eksis dari tahun 1795 sampai 1894 , dan sempat diperintah oleh dua dinasti keluarga ngetop : Kamehameha dan Kalakua . Setelah pembubaran kerajaan Hawaii ini , dibentuklah negara merdeka berbentuk Republik dengan nama resmi The Republic of Hawaii . Sayangnya negara ini hanya berkuasa selama 4 tahun saja , yaitu dari tahun 1894 sampai 1898 . Negara merdeka ini akhirnya bergabung dalam pemerintahan Amerika dan nama pun berubah lagi menjadi Territory of Hawaii .
Bagaimana nasib negara beribukota Honolulu ini sekarang ? Jangan bingung karena sejak terdaftar sebagai negara bagian USA ke-50 pada tanggal 21 Agustus 1959 , negara seluas total 28,311 km2 ini lebih dikenal dengan nama State of Hawaii .


kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar