Minggu, Oktober 4

tinggal di airport selama 18tahun



unik bin aneh....

mungkin dah ada yang pernah nonton film The Terminal yang dimainkan oleh Tom Hanks (Viktor Navorski) danCatherine Zeta-Jones (Amelia Warren). Nah film tersebut ternyata berdasarkan cerita nyata yang dialami oleh Mehran Karimi Nasseri.

Singkat cerita, Victor adalah warga negara (fiksional) Krakozhia yang terjebak di Bandar Udara Internasional John F. Kennedy karena pada saat penerbangannya ke new york, pemerintahan di negaranya digulingkan oleh sejumlah anggota pemberontak. Alhasil passport Victor tidak berlaku dan menjadikan Victor (menurut undang2) sebagai orang yang tidak memiliki negara sama sekali (pada saat itu) dan memaksanya untuk hidup di airport selama 9 bulan sampai akhirnya gejolak militer di negaranya selesai dan status kewarganegaraanya pulih kembali..

Film di atas diangkat dari cerita kehidupan nyata Mehran Karimi Nasseri atau Sir, Alfred Mehran. Mehran adalah pengungsi Iran yang tinggal di Charles de Gaulle Airport semenjak 8 Agustus 1988 hingga tahun 2006 (dilarikan ke rumah sakit). Nasseri lahir di Masjed Soleiman, Iran. Ayahnya warga negara Iran yang bekerja sebagai dokter di Anglo-Persian Oil Company dan ibunya adalah warga negara Skotlandia yang bekerja sebagai perawat di tempat ayahnya bekerja.

Nasseri diusir dari Iran setelah melakukan protes terhadap Shah (Mohammad Reza Pahlavi). Kemudian dia menerima status "pengungsi" dari United Nations High Commission for di Belgia dimana dia memiliki ijin sebagai warga negara Eropa.

Mehran akhirnya memutuskan untuk tinggal di UK pada tahun 1986. Pada tahun 1988 tas yang berisi semua informasi mengenai jati diri Mehran di curi yang akhirnya membuat Mehran dipulangkan kembali ke Prancis setelah melakukan penerbangan ke London karena dianggap tidak bisa memperlihatkan bukti2 statusnya sebagai warga negara Eropa dan di usir oleh Imigrasi London.

Mehran sempat ditahan oleh Prancis dan kemudian dilepaskan dan keadaan dia untuk memasuki airport adalah legal namun tidak memiliki status kewarganegaraan. Dari sinilah Mehran memulai 18 tahun hidupnya di Charles de Gaulle Airport

copy from kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar