Senin, April 13

waspada KBps dengan Kbps





   

hui ketemu lagi.hhehe... ya masih disini lah. di nyari duit gratis hehe.. membahas apapun yang gratis apalagi duit..hhehe... ya walapun kadang kadang juga gak gratis si.... hhehehe. kali ini aku lagi ngomongin tentang beda KBps dab Kbps. ya betul sekali, pasti anda sekalian sering melihat mendengar dan mengetahui lah. eh... artikel ini hanya untuk orang awam, yang sudah master IT tolong tambahin kurangnya ya...hheheh... aku sendiri baru mengetahui perbedaan KBps dengan Kbps dari buku yang saya baca yang berjudul "Wireless Kung FU" isi dari buku tersebut ya macam macam lah mulai dari sejarah sampai perkembangan wireless, ingat WiFi itu bukan singkatan wireless dan browsing di mbah google. ngomong ngomong anda tahu dimana itu KBps atau Kbps gak? ya bagi para pengguna internet seperti saya pasti tahu lah, biasanya tulisan KBps atau Kbps yang menyatakan keterangan kecepatan download atau upload, pokoknya kecepatan koneksi internet lah. hhehehe... singkatan dai KBps sendiri adalah "kilo byte per second" dan untuk Kbps adalah "kilo bit per second" jadi yang membedakannya hanya pada "byte" dan "bit". perbedaan "byte" dengan "bit" tentu saja sangat berbeda. saya ambil contoh dari telkom speedy karena di buku yang saya baca tadi contohnya juga telkom speedy, hhehehe.... copas lah........ hhahaha.. begini di brosur telkom speedy tertulis mampu mendownload dengan kecepatan 384 Kbps "bukan KBps" dan ternyata hanya mampu mendownload dengan kecepata 30 KBps "bukan Kbps" pasti anda merasa tertipu dengan itu bukan anda juga merasa sangat kesal dengan janji dari telkm speedy. jangan marah dulu.... masalh ini terjadi karena penggunaan KBps dengan Kbps ini terjadi karena perbedaan kata Byte ="KBps" dan bit = "Kbps, karena bagi pengguna awam seperti saya byte dan bit tidak ada bedanya, kecepatan suatu jaringan biasanya dinyatakan dengan "bit"  1 kilobit = 1000bit, jadi 384Kbps = 384000 bit/second masalah ini terjadi karena progam penunjuk kecepatan download pada komputer memakai satuan KBps, dan kecepatan jaringan di indonesia yang sering di iklankan memakai satuan Kbps. "1 byte" = "8 bit" jadi "1 KBps"="8000 bit atau 8 Kbps" jadi jika kecepatan jaringan di indonesia itu 384 Kbps (telkom speedy) berati sama dengan 384/8 atau 48 KBps, jika anda mendownload dengan kecepatan 30 KBps tentu sudah sangat wajar dong. jadi yang salah pihak telkom speedy yang memanfaatkan ketidak tahuan kita sebagai pelanggan atau kita yang tidak tahu? ya jawabanya ada di masing masing lah, ini juga berlaku untuk provider jaringan internet lain. 



3 komentar:

Kucing Bunted mengatakan...

brati bukan ktipu...
tapi kurang jeli... ^___^

gak ngerti dah kBps atai kbps... hhee....

jerova mengatakan...

kebiasaan bangsa kita sob..
memanfaatkan kebodohan orang..
bukanya kasih tahu..malah nipu ..
btw keren sobb

zeyn STPI pajak mengatakan...

thanx bro,,gw hampir aja frustasi coz modem 3G gw max bisa 153 kbps di komputer hanya tampil sampai 19 kbps. gw cari tau cara perbesar speed tapi lagi2 mentok di 19 kbps.ternyata emang hitung2an gw yang salah antara KBps dengan kbps. thanx sekali lagi

Posting Komentar